Rabu, 06 Mei 2009

Mengenai Wushu IBII

Wushu IBII didirikan pada tahun 2000 sebagai usaha untuk mempopulerkan wushu dan dibimbing oleh Pak Sugiarto yang telah memiliki pengalaman Wushu,Tai Chi Chuan aliran Wu, Yang, Chen dan Tai Chi Chuan 42, Pakua Cang, Hsing I Chuan, Shaolin Hung Mei Pai, Suai Chiao, Taekwondo, Aikido, Silat Merpati Putih, Silat Perisai Diri dan Silat Minang, serta telah menerbitkan beberapa buku yang berhubungan dengan berbagai jenis beladiri.

Wushu terdiri dari adopsi aliran -aliran utama ke dalam aliran kedaerahan, dengan karakteristik yang khas dari tiap aliran. Aliran-aliran Wushu tradisional sangat banyak yang dominan di Cina daratan adalah Shaolin, Tai Chi Chuan, Hsing I Chuan, Pa Kua Cang, Wing Chun dan lainnya. Sedangkan dalam Wushu modern terdapat tujuh jurus yang dapat dikelompokkan ke dalam tiga jenis. Pertama, jurus tangan kosong yang terdiri dari Tai Chi Chuan, Chang Chuan (Long Fist), dan Nan Chuan (Southern Fist). Kedua, jurus senjata panjang yang terdiri dari tombak dan toya. Sedangkan yang terakhir jurus senjata pendek yang terdiri dari golok dan pedang. Selain ketujuh jurus tersebut terdapat juga San Shau yakni perkelahian bebas.

Tujuan latihan wushu adalah melatih kelenturan, kekuatan, stamina, mental individu. Alasan berlatih ilmu beladiri wushu mungkin berbeda bagi setiap individu namun semuanya berasal dari keinginan dan semangat seseorang, dan di Wushu kami selalu membangun semangat itu. Wushu IBII kemudian disahkan menjadi UKM oleh Reggio Valentino dengan beberapa pengajar inti yaitu Kasan Santosa dan Ricky Halim.

0 komentar:

Posting Komentar